RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMP ..... Palembang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VIII/
Ganjil
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x
Pertemuan )
Standar
Kompetensi :
3. Menggunakan teorema
phytagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1.Menggunakan teorema phytagoras untuk menentukan panjang sisi
segitiga
siku-siku
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
·
Menyebutkan teorema
phytagoras (jujur,
toleransi, kreatif)
·
Menentukan panjang
sisi segitiga siku-siku dengan teorema phytagoras
·
Menggunakan
teorema phytagoras dalam memecahkan masalah
(kerja sama,
toleransi, kreatif)
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Pertemuan
1
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyebutkan teorema phytagoras dan menentukan panjang sisi segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema phytagoras(jujur, toleransi, kreatif)
Pertemuan 2
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menggunakan teorema phytagoras dalam memecahkan masalah(kerja sama, toleransi, kreatif)
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyebutkan teorema phytagoras dan menentukan panjang sisi segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema phytagoras(jujur, toleransi, kreatif)
Pertemuan 2
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menggunakan teorema phytagoras dalam memecahkan masalah(kerja sama, toleransi, kreatif)
B.
Materi
Pembelajaran :
Segitiga
siku-siku
C.
Alat
dan Sumber Belajar
Sumber
-
Buku paket yaitu buku
Matematika SMP
Kelas VIII Semester Ganjil
-
Buku referensi lain yang mendukung
D.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Contextual Teaching and Learning ( CTL )
Metode
: tanya jawab,diskusi kelompok dan penugasan
E.
Kegiatan
pembelajaran :
1.
Pertemuan
pertama
a.
Kegiatan
pendahuluan ( 10
menit )
Pendidik
:
·
Do’a. Absensi dan memberi motivasi belajar serta
manfaat pembelajaran hari ini
·
Sebagai apersepsi
diangkat kembali tentang teorema phytagoras
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini
·
Memberitahukan kepada
peserta didik metoda pembelajaran yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1.
Eksplorasi
( 15 Menit
)
Peserta
didik :
·
Siswa
mengkaji buku agar dapat menyebutkan teorema phytagoras
·
Siswa mendiskusikan
cara mencari panjang sisi segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema
phytagoras
2. Elaborasi (30 menit)
Peserta
didik:
·
Menguraikan secara lisan teorema phytagoras(kerja keras)
·
Membentuk
diskusi kelompok tentang cara menentukan panjang sisi segitiga siku-siku
·
Wakil kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok (tanggung
jawab , mandiri)
·
Mendiskusikan secara
klasikal tentang
teorema phytagoras pada segitiga siku-siku(toleransi)
·
Kelompok lain
menanggapi laporan yang telah di sampaikan oleh teman nya (santun,menghargai prestasi)
·
Mengajukan argumentasi
untuk memperkuat pendapat nya dengan baik dan santun
·
Memberikan
laporan hasil diskusi secara tertulis
3.Konfirmasi (15 menit)
Peserta
didik:
· Peserta
didik mampu menerima perbedaan pendapat
dalam diskusi klasikal (toleransi)
· Peserta
didik dapat menerima perbaikan konsep yang salah dari guru
· Mengerjakan
latihan soal yang di berikan guru tentang teorema phytagoras pada segitiga
siku-siku (jujur, mandiri)
c. Kegiatan penutup(10 menit)
Pendidik:
·
Peserta
didik merangkum materi pembelajaran
pada hari ini
·
Memberikan PR sebagai Penugasan
Terstruktur tentang teorema
phytagoras pada segitiga siku-siku di buku halaman 7.
·
Menginformasikan materi
pembelajaran untuk pertemuan
berikut nya
2
. Pertemuan kedua
a. Kegiatan pendahuluan ( 10 menit)
Pendidik:
·
Do’a. Absensi dan memberi motivasi belajar serta
manfaat pembelajaran hari ini
·
Sebagai apersepsi
diangkat kembali tentang cara menggunakan
teorema phytagoras dalam memecahkan masalah
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini
·
Memberitahukan kepada
peserta didik metoda pembelajaran yang akan digunakan
·
Membahas PT yang sulit
b. Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
( 15
menit )
Peserta
didik :
·
Peserta didik menggali
informasi dengan membaca buku dari berbagai sumber cara
menggunakan teorema phytagoras dalam memecahkan masalah( kreatif, mandiri
)
·
Peserta diddik menggali
informasi dengan diskusi kelompok
tentang cara menggunakan teorema phytagoras dalam
memecahkan masalah (santun, toleransi,demokratis)
2. Elaborasi (30 menit)
Peserta didik:
· Siswa
mengkaji buku agar dapat menggunakan teorema phytagoras dalam memecahkan
masalah
· Mendiskusikan
cara menggunakan teorema phytagoras dalam memecahkan masalah
· Mempresentasikan hasil diskusi
· Memberikan laporan hasil diskusi secara tertulis
3. Konfirmasi (
15 menit)
Peserta
didik:
· Peserta
didik mampu menerima perbedaan
pendapat dalam diskusi
klasikal (toleransi)
· Mengerjakan
latihan soal yang di berikan guru tentang tentang cara menggunakan teorema phytagoras dalam
memecahkan masalah (jujur, mandiri )
c. Kegiatan penutup ( 10 menit )
Pendidik :
·
Membimbing peserta
didik untuk merangkum materi pembelajaran
·
Memberikan PR sebagai
penugasan terstruktur tentang tentang
cara menggunakan teorema phytagoras dalam memecahkan masalah halaman 8.
F.
Penilaian Hasil Belajar
·
jenis tagihan : tugas individu
·
bentuk tes tertulis :
uraian singkat
·
kinerja saat melakukan
kegiatan
·
laporan/presentasi
tes tertulis
dilaksanakan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan lembar penilaian
(LP)
n
BalasHapus