Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi
Belajar
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tidak
terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa itu sendiri.Menurut
Slamento faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa yaitu faktor intern dan
faktor ekstern. Faktor intern terdiri atas faktor-faktor jasmaniah, psikologi,
minat, motivasi dan cara belajar. Faktor ekstern yaitu faktor-faktor keluarga,
sekolah dan masyarakat. Salah satu faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi
belajar siswa adalah faktor sekolah, yang mencakup metoda mengajar, kurikulum, relasi
guru siswa, sarana, dsb.Metode mengajar adalah salah satu cara yang digunakan
di dalam mengajar.
Metode mengajar harus tepat, efisien dan efektif sehingga
siswa dapat menerima, memahami, menguasai, dan mengembangkan bahan pelajaran.
Dalam mengajar beberapa kepribadian guru yang berperan adalah:
a.
Penghayatan nilai-nilai kehidupan Seorang guru harus berpegang pada nilai-nilai
tertentu misalnya, tanggung jawab dalam bertindak, kebanggaan atas hasil jerih
payahnya sendiri, kerelaan membantu sesama yang memerlukan bantuannya.
b.
Motivasi kerjaMerupakan dorongan yang datang dari dalam dirinya untuk
mendapatkan kepuasan yang diinginkan, serta mengembangkan kemampuan dan
keahlian guna menunjang profesinya yang dapat meningkatkan prestasi dan
profesinya. Dalam hal ini, guru yang bercita-cita menyumbangkan keahliannya
demi perkembangan anak didiknya, profesi sebagai guru merupakan kepuasan
pribadi, rela mengorbankan waktu dan tenaga demi kepentingan anak didiknya.
c. Sifat dan sikap Guru harus memiliki sifat dan sikap luwes dalam pergaulan, suka humor, rela membantu, kreatif dan berharap bahwa siswa mampu berpartisipasi dalam proses belajar mengajar secara aktif.Dengan kepribadian guru yang positif, siswa akan merasa senang, puas, dan gembira. Simpati guru merupakan faktor yang sangat utama dalam melaksanakan tugasnya sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Di samping itu, siswa dapat mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan sebaik-baiknya, dan akan meningkatkan prestasi belajarnya.Sampai saat ini belum ada teori yang secara komprehensif dapat menjelaskan keberhasilan mengajar.
c. Sifat dan sikap Guru harus memiliki sifat dan sikap luwes dalam pergaulan, suka humor, rela membantu, kreatif dan berharap bahwa siswa mampu berpartisipasi dalam proses belajar mengajar secara aktif.Dengan kepribadian guru yang positif, siswa akan merasa senang, puas, dan gembira. Simpati guru merupakan faktor yang sangat utama dalam melaksanakan tugasnya sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Di samping itu, siswa dapat mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan sebaik-baiknya, dan akan meningkatkan prestasi belajarnya.Sampai saat ini belum ada teori yang secara komprehensif dapat menjelaskan keberhasilan mengajar.
Sejauh ini yang dapat dijelaskan adalah adanya sejumlah
faktor yang menurut penelitian teridentifikasi mempunyai hubungan dengan
keberhasilan siswa belajar, sehingga dapat diharapkan bila faktor-faktor itu
dimanipulasi akan mengakibatkan peningkatan keberhasilan siswa belajar.Penelitian-penelitian
yang dilakukan di Amerika Serikat (Cruickshank, 1990) mengindikasikan adanya
sejumlah faktor yang berpengaruh pada hasil belajar siswa, yang dapat
dikategorisasi ke dalam empat variabel, yakni variabel siswa, variabel
lingkungan, variabel guru, dan variabel proses pembelajaran. Secara lebih
terinci variabel siswa mencakup faktor-faktor kapasitas belajar siswa
(berhubungan dengan kematangan dan kecerdasan), motivasi dan kesiapan belajar
(penguasaan pengetahuan prasyarat).
Variabel lingkungan meliputi faktor sikap orang tua terhadap
pendidikan dan sekolah, pola interaksi antarsiswa, populasi kelas, fasilitas
belajar (termasuk buku pelajaran). Variabel guru mencakup faktor-faktor
penguasaan terhadap materi pelajaran, wawasan dalam bidang ilmu yang
diajarkannya, keterampilan mengajar, motivasi kerja, serta kepribadian guru.
Variabel pembelajaran melibatkan interaksi faktor perilaku mengajar guru dan faktor perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dari sudut perilaku mengajar, faktor-faktor yang menunjang efektivitas pembelajaran meliputi organisasi dan sistematika penyajian materi pelajaran, kejelasan (clarity) dan kemenarikan penyajian materi pelajaran, ketercernaan (accessibility) materi pelajaran oleh siswa.
Variabel pembelajaran melibatkan interaksi faktor perilaku mengajar guru dan faktor perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dari sudut perilaku mengajar, faktor-faktor yang menunjang efektivitas pembelajaran meliputi organisasi dan sistematika penyajian materi pelajaran, kejelasan (clarity) dan kemenarikan penyajian materi pelajaran, ketercernaan (accessibility) materi pelajaran oleh siswa.
Sementara itu dari sudut perilaku belajar, disiplin,
motivasi dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran menjadi faktor pendukung
keberhasilan belajar yang penting. Keberhasilan siswa belajar memerlukan
kerjasama sinergis antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Seberapa
jauh masing-masing faktor berkontribusi pada keberhasilan siswa belajar belum
diketahui secara pasti. Penelitian-penelitian yang dilakukan masih terlalu
sedikit sehingga hasilnya belum konklusif. Di samping itu pengaruh
faktor-faktor tadi tidak linear, terkait satu sama lain, sehingga sulit untuk
memprediksi faktor-faktor mana yang secara umum lebih dominan, dan kekuatan
pengaruh faktor-faktor tersebut tampak unik untuk setiap siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar