RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Bina Jaya
Palembang
Kelas/Semester : X / I
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi
Waktu : 2
x 45 menit
(1
x
pertemuan)
Standar
Kompetensi :
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep
operasi bilangan real.
Kompetensi
Dasar :
Menerapkan operasi pada bilangan real.
Indikator : 1. Mengoperasikan dua atau lebih bilangan real (menjumlah, mengurang,
mengali, membagi) sesuai dengan prosedur.
2.Mengoperasikan
dua atau lebih bilangan pecahan, (menjumlah, mengurang, mengali, membagi)
sesuai dengan prosedur.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pemberian
tugas, tanya jawab serta dengan model pembelajaran Student
Teams - Achievement Divisions (STAD) peserta didik
dapat:
1. Mengoperasikan
dua atau lebih bilangan real
(menjumlah, mengurang, mengali, membagi) sesuai dengan prosedur.
2. Mengoperasikan
dua atau lebih bilangan pecahan, (menjumlah, mengurang, mengali, membagi)
sesuai dengan prosedur.
Karakter
siswa yang diharapkan : 1. Ketelitian
2. Kecakapan menghitung
B.
Materi
pembelajaran
1.
Operasi pada bilangan real
2.
Operasi pada bilangan
pecahan
C. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran :
1.
Ceramah.
2.
Demonstrasi.
3.
Tanya
jawab.
Model Pembelajaran :
Student Teams -
Achievement Divisions (STAD)
D. Langkah – Langkah
Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
Dalam kegiatan
pendahuluan :
· Guru
membuka pertemuan dengan salam.
· Guru
mengabsen siswa.
· Menerangkan
konsep yang akan dipelajari.
Apersepsi :
·
Mengingat
kembali mengenai jenis-jenis bilangan dan operasi pada bilangan bulat.
·
Mengingat
kembali mengenai operasi pada bilangan bulat, bilangan pecahan, pembilang serta penyebut suatu pecahan.
·
Membahas
PR.
Motivasi :
·
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka Siswa dapat menyelesaikan masalah operasi
aljabar pada bilangan bulat.
·
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka Siswa dapat menentukan hasil operasi
aljabar penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Esplorasi
(10
Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi:
·
Membentuk
kelompok yang anggotanya + 4 orang secara heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku,
dll)
·
Guru menyajikan
pelajaran
2.
Elaborasi
(60
Menit)
Dalam kegiatan
elaborasi :
·
Guru memberi
tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
3.
Konfirmasi
(10
Menit)
Dalam kegiatan konfirmasi :
·
Guru memberi
kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu
c.
Kegiatan
Penutup (5 Menit)
Dalam kegiatan penutup
:
·
Guru memberi
evaluasi
·
Guru bersama
peserta didik membuat kesimpulan
E.
Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber
:
· Buku
paket matematika untuk SMK (NonTeknik) Kelas X oleh Erens Sarindat dkk.Penerbit
PT Galaxy Puspa Mega Tahun 2009.
· Lembar
kerja siswa
· Bahan
Ajar
Media :
Charta
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Teknik
Penilaian : - Tes tertulis
-
Penugasan
Bentuk Instrumen : Essay
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
·
Mengoperasikan (menjumlah,mengurang,mengali,dan membagi )
dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur.
·
Mengoperasikan(menjumlah,mengurang,mengali,dan
membagi ) dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur.
|
1. Hitunglah operasi pad
bilangan bulat berikut :
a.
7 + 12 – 20
b.
2(10 – 2) + 4(10 + 2)
c.
4(2+3) : 5
2. Hitunglah operasi pada
bilangan pecahan berikut :
3.
Jika a = 3, b = 2, dan c = , hitunglah:
a.
a(b+c)
b.
a(b:c)
c.
|
1. a. -1
b. 74
c. 4
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Total
|
11
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar